30 April 2012

Mungkin Nanti

Senja mengatap di Jakarta. Macet, sepertinya sudah menjadi hal biasa bagi Ibukota Negara kita ini. Puluhan bahkan ratusan kendaraan nampak berjejalan memenuhi jalanan. Salah satunya, mobil Honda Stream hitam metalik dengan pengendara seorang wanita, Nani namanya.
"Huh, gak kelar-kelar sih macetnya! Udah seharian dikantor dah capek." gerutu Nani dengan sebalnya. Memang, amat tersiksa rasanya menjadi korban kemacetan. Terlebih, di kantornya Nani sudah kelelahan bekerja. Rencanya ingin segera pulang dan langsung banting badan di kamar, eh... lha kok malah terjebak macet.

Tiba-tiba handpone Nani berdering. Dad is calling...
   "Yea, ada apa Pa ?" suara Nani terdengar sangat dingin, sedingin es. 
   "Kok ketus gitu sih sama Papa? Gimana kabar kamu di Jakarta?"
   "Baik Pa !"
   "Hmm, Papa harap kamu gak lupa hari ini hari apa ?"
   "Yeaa, Nani inget. Hari ini Papa ultah kan..."
   "Syukurlah kalo kamu masih inget. Terus, kamu gak pulang ?"
   "Duhh Pa, Nani sibuk banget. Kerjaan di kantor numpuk. Mana bisa semuanya Nani tinggalin
   dengan alasan ultahnya Papa !"

21 April 2012

Tentang Sosok Seorang Kartini

Memasuki bulan April, tepatnya tanggal 21, selalu dimeriahkan dengan adanya Hari Kartini. Emang siapa sih Kartini itu? Yang jelas pasti nama seorang wanita. Sebab terlalu horror kalo nama Kartini dipakai seorang laki-laki.

Tahu kan wanita? Kalo gak tahu sih kebangetan, wong kalian aja dilahirkan dari rahim wanita! Kecuali ada salah satu dari kalian yang lahir dari batu. #Emang Sun Gokong

Nah, karena saya juga salah seorang yang terlahir dari rahim seorang wanita, maka gak ada salahnya kan bila saya turut gaduh mengisi hari emansipasi wanita, dengan sedikit mengapresiasikan sosok seorang Ibu Kartini...


12 April 2012

Geliat Rindu

Kugurat garis-garis yang entah bagaimana bisa membentuk kata-kata
Bait rindu yang tercetus kala candu dalam kepala merajalela
Aku tak menggugat Tuhanku saat aku tersiksa dalam benam cita yang ada
Pun aku tak bersepakat dengan iblis kala semua rasa berbuah duka


Perempuanku,...  adakah kewanitaanmu sadari apa yang kurasa ?
Denyut luka yang bersinergi dengan energi suka
Dan bisakah kau menari saat ritme ini sudah sampai di telinga
Meski jelas, irama ini tak seindah desis syahwat penggoda iman manusia

08 April 2012

Kidung Kembara

Kita masih tertipu suara meletup bukit-bukit di perkampungan asing ranah kembara
Dia yang terjaga dalam detak mengunci,...
Menyulut tungku-tungku bara terseret hingga pusar ngarai
Menipu runtuh kasturi pada lolongan rembulan genang
Pokok-pokok beton mengisar tembikar, derap-detak di pesisir danau halimun ...

Yang terbiar menjelma warna tembaga
Kita sering memandang lama-lama, jenazah daun gugur di telapak batu berkerumun..
Terbawa arus sungai ke persawahan menguning
Namun hari tak berbisik mula,...
Setelanjang kepul kasturi dari ujung ngarai yang engkau bawa dari labirin kepergian


Dan apa yang kita dapat bersama bisik-bisik Tuhan dalam pesona pagi saga ?...
Mengais jejak saput tapak dara di pekarangan rumah sungai milik-Nya
Menjuntai ke akar kepala milik kita