09 Desember 2012

Langkah

Seseorang berjalan di keheningan malam,...
Pelan, namun pasti.
Sedikit langkah gontai dengan kepala menatap lantai.
Sesekali kakinya menendang kerikil yang menghalangi langkahnya ...

Tarikan nafasnya terdengar pelan,...
Dia mengeluh di dalam hati, "Inikah skenario hidupku .....???"

30 November 2012

Menggali Makna Sesal

Kenapa penyesalan selalu datang di akhir? Sebuah pertanyaan bodoh yang tak mempunyai jawaban. Jikapun ada, maka jawaban paling mudah adalah, 'kalau di awal namanya bukan penyesalan, tapi rencana!' Pertanyaan telah terjawab, namun kepuasan tidak kita dapatkan.

Setiap detik adalah sejarah. Kita punya rencana, untuk mengukir sejarah yang indah dalam kehidupan kita. Namun terkadang, kita membuat sebuah kesalahan, sehingga sejarah yang terukir harus menyisakan penyesalan.

Ada yang berpendapat, 'penyesalan itu tidak ada gunanya...' Memang sih, biarpun kita ngotot menyesal, toh sejarah tetap sejarah, dan takkan pernah dapat kita ubah. Tapi sepertinya, juga teramat sulit bagi kita untuk menghindari penyesalan yang tanpa permisi mendadak nangkring di pikiran kita.

Meskipun kita telah mengaku dewasa kepada dunia, tak jarang kita berandai-andai, 'andai aja hidup ini bisa di replay, dan kesalahan demi kesalahan yang pernah diperbuat bisa di remove...' Yahh, mungkin dari situlah kini terlahir berbagai cerita fiksi yang mengkisahkan tentang seseorang yang mampu mendatangi masa lalu. Mulai dari si ilmuwan sinting Dr. Emmet Brown yang menciptakan sebuah mesin canggih, hingga sekedar menggunakan laci seperti yang dilakukan Doraemon. Maka sepertinya terlalu sinis bila kita mengatakan bahwa penyesalan itu tak ada gunanya, ketika kita mendapati telah banyak karya besar yang terlahir dari yang namanya penyesalan.

10 Juni 2012

Tentang Seseorang

Ketika otakku mulai berkarat dalam usangnya waktu,...
Seseorang hadir dan perdengarkan tawanya yang bahkan sama sekali tidak merdu.
Namun dalam sumbang suaranya, terkadang ada kebijakan dalam tuturnya.
Meskipun seringkali dia kelamkan semua putihnya dan kerap kisahkan hitamnya.

Dia selalu buat otakku bekerja.
Saat dia berkata, semua tersusun dalam sebuah permainan yang sarat makna.
Dan saat aku dan dia habiskan waktu dengan sama-sama tertawa,...
Perlahan sang waktu mulai tampakkan kuasanya.

Antara aku dan dia tak pernah terbentuk hubungan dengan dasar sebuah rasa.
Tapi aku tak menyangkal, bahwa ada kemesraan dalam sebuah abstraksi cinta.
Memang bukan jenis cinta yang akan buatku jadikan dia pendamping hidupku.
Namun selalu ada senyum yang entah kenapa tak bisa kumaknakan dengan kataku.

30 Mei 2012

Perbedaan Manusia Dan Drakula

Seorang gadis, anak manusia, sedang berlari ketakutan karena dikejar-kejar oleh dua drakula. Gadis itu berlari sekuat tenaga, tapi akhirnya tenaganya habis juga. Tak pelak, gadis itupun tertangkap. Namun, setelah para drakula berhasil menangkap gadis tersebut, malah terjadi pertikaian antara keduanya. Masing-masing dari mereka menginginkan darah gadis itu, dan tidak mau berbagi. Maka merekapun berkelahi, saling menghabisi. Setelah salah satu diantara mereka berhasil membunuh lawannya yang tak lain adalah sesama drakulanya itu, barulah ia dapat menikmati penghisapan darah pada hasil buruannya dengan tenang. Ternyata drakula tidak mengenal istilah joinan ya! Hanya karena berebut makanan saja mereka sampai harus saling membunuh.




Di lain tempat, seorang gadis drakula sedang sekarat. Sudah hampir sebulan ia tidak minum darah. Wajahnya pucat, bibirnya kering, badannya lemas bersandar pada tembok besar yang terletak dalam sebuah bangunan tua. Nampak jelas, ia merasakan sakit yang teramat. Napasnya sesak seperti orang kena asma. Bila ia tidak segera mendapatkan darah, maka hari ini juga ia akan minta pamit pada dunia. 

24 Mei 2012

Beautiful in its time



Hujan deras mengguyur bumi tempat berpijak
Layaknya problema kehidupan menerpa setiap insan yang berdiri tegak
Kepercayaan diri pun seakan ingin beranjak


18 Mei 2012

Selembar Kegalauan

Meneruskan sebuah cerita,... sulit untuk dimulai seketika.
Inspirasi terputus, kata-kata seakan sudah terhapus.
Seperti secarik kertas yang terhempas... kulitnya pun terkelupas.
Datang dan pergi tiada henti, Seperti hari menjelang pagi ...


Siang berganti malam,
Gelap berganti terang,
Langit dan bumi seakan terpisah,
Orang-orang semakin menjadi gelisah !...
Antara resah dan pasrah,
Bersatu padu seakan pikiran semakin membeku,...


Halusinasi menjadi-jadi, Pikiran menerawang... pergi tanpa kembali.
Seperti hari yang telah berlalu, Seakan waktu berdetak tak menentu....
Jari jemari terus menari-nari, Pikiran pun semakin tak bisa dimengerti.

08 Mei 2012

Secangkir Kopi Pahit

aku berkaca diatas kopi pahit
yang Kau tuangkan,...
sambil diam sedalam cangkir
jadi asap menguap
pengab seketika lenyap


belum puas !...
pejam aku hampiri syair
yang sedari tadi menanti
tawar sunyiku, bukan bertukar mimpi-mimpi,
tapi manifest di tiap-tiapnya


kopi pahit Kau tuangkan
gelap ditikung kunang

30 April 2012

Mungkin Nanti

Senja mengatap di Jakarta. Macet, sepertinya sudah menjadi hal biasa bagi Ibukota Negara kita ini. Puluhan bahkan ratusan kendaraan nampak berjejalan memenuhi jalanan. Salah satunya, mobil Honda Stream hitam metalik dengan pengendara seorang wanita, Nani namanya.
"Huh, gak kelar-kelar sih macetnya! Udah seharian dikantor dah capek." gerutu Nani dengan sebalnya. Memang, amat tersiksa rasanya menjadi korban kemacetan. Terlebih, di kantornya Nani sudah kelelahan bekerja. Rencanya ingin segera pulang dan langsung banting badan di kamar, eh... lha kok malah terjebak macet.

Tiba-tiba handpone Nani berdering. Dad is calling...
   "Yea, ada apa Pa ?" suara Nani terdengar sangat dingin, sedingin es. 
   "Kok ketus gitu sih sama Papa? Gimana kabar kamu di Jakarta?"
   "Baik Pa !"
   "Hmm, Papa harap kamu gak lupa hari ini hari apa ?"
   "Yeaa, Nani inget. Hari ini Papa ultah kan..."
   "Syukurlah kalo kamu masih inget. Terus, kamu gak pulang ?"
   "Duhh Pa, Nani sibuk banget. Kerjaan di kantor numpuk. Mana bisa semuanya Nani tinggalin
   dengan alasan ultahnya Papa !"

21 April 2012

Tentang Sosok Seorang Kartini

Memasuki bulan April, tepatnya tanggal 21, selalu dimeriahkan dengan adanya Hari Kartini. Emang siapa sih Kartini itu? Yang jelas pasti nama seorang wanita. Sebab terlalu horror kalo nama Kartini dipakai seorang laki-laki.

Tahu kan wanita? Kalo gak tahu sih kebangetan, wong kalian aja dilahirkan dari rahim wanita! Kecuali ada salah satu dari kalian yang lahir dari batu. #Emang Sun Gokong

Nah, karena saya juga salah seorang yang terlahir dari rahim seorang wanita, maka gak ada salahnya kan bila saya turut gaduh mengisi hari emansipasi wanita, dengan sedikit mengapresiasikan sosok seorang Ibu Kartini...


12 April 2012

Geliat Rindu

Kugurat garis-garis yang entah bagaimana bisa membentuk kata-kata
Bait rindu yang tercetus kala candu dalam kepala merajalela
Aku tak menggugat Tuhanku saat aku tersiksa dalam benam cita yang ada
Pun aku tak bersepakat dengan iblis kala semua rasa berbuah duka


Perempuanku,...  adakah kewanitaanmu sadari apa yang kurasa ?
Denyut luka yang bersinergi dengan energi suka
Dan bisakah kau menari saat ritme ini sudah sampai di telinga
Meski jelas, irama ini tak seindah desis syahwat penggoda iman manusia

08 April 2012

Kidung Kembara

Kita masih tertipu suara meletup bukit-bukit di perkampungan asing ranah kembara
Dia yang terjaga dalam detak mengunci,...
Menyulut tungku-tungku bara terseret hingga pusar ngarai
Menipu runtuh kasturi pada lolongan rembulan genang
Pokok-pokok beton mengisar tembikar, derap-detak di pesisir danau halimun ...

Yang terbiar menjelma warna tembaga
Kita sering memandang lama-lama, jenazah daun gugur di telapak batu berkerumun..
Terbawa arus sungai ke persawahan menguning
Namun hari tak berbisik mula,...
Setelanjang kepul kasturi dari ujung ngarai yang engkau bawa dari labirin kepergian


Dan apa yang kita dapat bersama bisik-bisik Tuhan dalam pesona pagi saga ?...
Mengais jejak saput tapak dara di pekarangan rumah sungai milik-Nya
Menjuntai ke akar kepala milik kita

12 Maret 2012

A Lesson of The Butterfly


Kupu-kupu bagi saya adalah jenis serangga yang menawan. Bentuknya yang mungil, tingkahnya yang centil, disertai keindahan sayap yang membuatnya semakin nampak cantik. Namun saat ini saya tidak sedang membahas tentang kepribadian kupu-kupu. Saya hanya ingin sedikit berbagi cerita tentang pengalaman unik semasa kecil saya dulu. Let's go....


05 Maret 2012

Sabda Hati Teruntuk Para Punggawa Tahta

Hmm... Jadi pengen ngerasain kursi yang harganya 24 Juta per unit itu,...
Kursi yang hanya dipakai buat dengerin KETUA sambil pura-pura manggut ngerti (padahal molorr). Atau sambil nonton tayangan erotis di laptop yang juga masih pembelian dari uangku, uangmu, uang kita ....!!

Padahal dulu sekali itu, untuk musyawarah atau berembuk mencapai kata mufakat bagaimana memperebutkan negeri tercinta ini dari tangan penjajah hanya memakai alas tikar diserambi rumah. Dengan hanya ditemani secangkir kopi hitam dan cemilan singkong rebus ditaburi parutan kelapa.
Tapi sekarang, mereka ditemani air mineral beroxigent, dan caterring makanan yang tendernya juga ratusan juta loohh !...

Mengapa disaat rakyat lagi butuh sesuatu untuk diperhatikan, malah yang diatas cari sensasi kemarahan rakyat ????

09 Februari 2012

ETIKA

Mengungkap hal hidup,...
Ayah bunda perkenalkan etika
Mulai dirayu sampai dihardik
Menggangguk ku menyanggupi
Hai... ku jumpa etika kembali
Tergopoh-gopoh guruku menggandengnya untuk duduk bersama kami

Melihat lalu lalang pergaulan
Ternyata etika telah beranak pinak
Hampir di setiap sudut tertemui