16 Juli 2011

Kegagalan



Kita semua tentu pernah mengalami kegagalan dalam suatu usaha. Entah karena itu disebabkan oleh kecerobohan diri kita sendiri, atau karena gangguan dari pihak lain. Namun yang pasti selalu melahirkan rasa kecewa dalam hati kita.
Namun satu hal yang mungkin luput kita ketahui, bahwa terkadang, kegagalan menunjukkan sisi lain dari suatu tujuan yang akan kita tempuh. Untuk lebih jelasnya, mari simak cerita berikut.



Pengalaman saya dapat dari salah seorang sahabat. Saat itu ia mendapat informasi tentang adanya sebuah perlombaan, dengan hadiah liburan gratis ke Paris bagi para pemenangnya.
Paris, adalah sebuah kota impiannya sejak kecil. Tentu iapun begitu antusias untuk mengikuti perlombaan itu.
Tanpa menunggu waktu lama, iapun menuju sebuah terminal, hendak menaiki sebuah bus yang akan mengantarnya ke tempat perlombaan tersebuat diadakan. Namun sial, dalam terminal ia mengalami kecopetan. Dompet beserta seluruh isinyapun ludes. Namun karena semangatnya yang begitu menggebu-gebu untuk menginjakkan kakinya di Paris, iapun nekad menumpangi bus dengan tanpa sepeser uangpun. Dan tak ayal, bila di tengah perjalanan iapun di usir dan di turunkan dari bus. Namun sekali lagi, demi mengajar impiannya menuju Paris, iapun melanjutkan perjalanan yang masih cukup jauh dengan berjalan kaki.
Wah, semangat yang luar biasa ya !

Sesampainya di tempat perlombaan diadakan, tentu bisa kita tebak, rasa lelah, letih, lesu, membuat penampilannya tidak bisa optimal saat mengikuti perlombaan tersebut. Dan alhasil, iapun gagal.
Iapun harus pulang dengan menelan kekecewaan. Harapannya pergi ke Parispun  tinggal harapan.
Sesampainya dirumah, saya menjadi pendengar setia ceritanya, sekaligus sasaran luapan amarahnya. Emosi, dongkol, uring-uringan, sambil sedikit berandai-andai,"kalo aja waktu itu gua gak kecopetan, pasti gua bakal menangin tuh lomba !"
Mungkin. Tapi kenyataannya, dia telah gagal.



Lima hari kemudian. Kegagalan masih menjadi penyesalan.
Saat ia sedang asyik membaca sebuah surat kabar, tiba-tiba ia melonjak kaget. Ada apakah gerangan? Sebuah berita mengejutkannya.
Sebuah pesawat yang diterbangkan khusus memuat para pemenang dari perlombaan yang lima hari yang lalu ia ikuti, telah mengalami kecelakaan. Dan menewaskan seluruh penumpang di dalamnya.
Subhanallah, kegagalan lima hari yang lalu di anggap sebuah kesialan, kini menjadi keberuntungan yang luar biasa.
Ia masih sibuk membayangkan, bagaimana bila seandainya ia memenangkan perlombaan tersebut. Tentu ia menjadi salah satu penumpang pesawat itu. Dan tentu bukan Paris yang akan ia tuju, melainkan sebuah pemakaman.


Yah, itulah yang saya maksud sisi lain dari kegagalan.
Kita memang diharuskan memiliki keinginan, cita, cita, rencana yang benar dan wajar dalam hidup ini. Bahkan kita sangat dianjurkan untuk gigih mencapainya, semaksimal kemampuan yang Tuhan berikan kepada kita. Namun bersamaan dengan itu, kitapun harus sadar sesadar-sadarnya bahwa kita hanyalah makhluk yang sangat banyak memiliki keterbatasan untuk mengetahui segala hal yang tidak terjangkau oleh daya nalar dan kemampuan kita.

Dan dalam hidup ini ternyata lebih sering terjadi sesuatu yang tidak terjangkau oleh pikiran kita, yang di luar dugaan, dan di luar kemampuan kita untuk mencegahnya. Andaikata kita selalu terjebak dengan tindakan yang salah dalam mensikapinya, maka betapa hari-hari akan berlalu penuh kekecewaan, penyesalan, keluh kesah, kedongkolan, hati yang galau, sungguh rugi! Padahal hidup hanya sekali, dan kejadian yang tak didugapun pasti akan terjadi lagi.

Mohon maaf, bila mungkin saya terkesan sok tahu atau sok pinter. Tiada maksud bagi saya berceramah atau menggurui siapapun. Semua tulisan ini hanyalah sekesar catatan untuk diri saya sendiri. Selebihnya hanya ingin berbagi, tentunya bagi yang berkenan.

Sekian celoteh saya. Atas perhatiannya terimakasih !


7 Comment:

  1. Brsyukurlah, tuhan
    msh mmbrikan ksmpatkn
    to brnafas..
    bnar bgt tdk sllu kga2lan adlah ksialn
    crta Anda teman sbagai bukti
    bhwa tuhan punya cra to mmbrikn jwb kpda hambaNya.
    ok

    BalasHapus
  2. Jangan kau sesali sob,,, masih ada hari yg lain dan bnyk kesempatan tuk melakukan yg terbaik.
    Terbukti kan???

    BalasHapus
  3. Terkadang pa yagn kita anggap baik belum tentu baik untukNya...

    Selamat Pagi ☺ ☺ ☺

    BalasHapus
  4. kegagalan awal keberhasilan mungkin besok ia akan berhasil di lain waktu dan tempat

    BalasHapus
  5. ada hikmah dibalik kegagalan!ada jalan dibalik keterpurukan!jadi harus tetep semangat!mantap sobat

    BalasHapus
  6. intinya jangan pernah menyerah,iya kan Sob?

    BalasHapus

Please comment, kritik, or sarannya! Trims ^_@